Jumat, 11 Oktober 2013

KIAT HIDUP DI JEPANG

じょうたつのコツ

Bila Anda pernah bekerja atau bergaul dengan orang Jepang, tentunya Anda sering melihat orang Jepang membungkuk mengucapkan Yoroshiku onegai shimasu. Ungkapan Yoroshiku onegai shimasu tidak hanya dipergunakan untuk memperkenalkan diri saja, melainkan juga ketika kita hendak meminta tolong kepada orang lain.

Misalnya, ungkapan Yoroshiku onegai shimasu kadang-kadang dituliskan di akhir surat atau email. Meskipun tidak ada permintaan tolong secara khusus, tetapi dengan menuliskan Yoroshiku onegai shimasu merupakan cara mengungkapkan salam secara umum yang mencakup semua isi surat atau email. Boleh dikatakan ini merupakan ungkapan Jepang yang sangat khas.

Lalu bagaimana kita menjawab seandainya ada orang yang mengucapkan Yoroshiku onegai shimasu kepada kita? Jawabannya sama: Yoroshiku onegai shimasu!

 Apakah gerangan persyaratan untuk seorang pasangan hidup yang ideal di negeri Anda? Menurut hasil survei oleh sebuah perusahaan asuransi Jepang terhadap para wanita pekerja berusia 25 – 44 tahun, ada persyaratan "3K" yang diharapkan dari calon suami mereka. "3K" ini adalah singkatan dari kachikan, yang artinya "pandangan hidup", lalu kinsen-kankaku, artinya "materi" dan koyô no antei, artinya "pekerjaan yang stabil."

Pada akhir tahun 1980-an, ketika Jepang sedang makmur-makmurnya, "3K" ini juga dikenal tetapi untuk maksud yang lain, yaitu: kô-shinchô artinya "tubuh yang tinggi"; kô-gakureki artinya "pendidikan akademis yang tinggi"; dan kô-shûnyû artinya "penghasilan tinggi."

Ya, seiring berjalannya waktu, persyaratan untuk calon suami yang ideal rupanya juga berubah.

Sumber : AXA Life's Survey

Tidak ada komentar:

Posting Komentar