Selasa, 01 Oktober 2013

NI

Partikel NI に adalah salah satu partikel yang paling luas pemakaiannya
secara umum berarti 'di;pada;ke;untuk'

  • Menunjukkan letak/beradanya sesuatu 'di'
  1. *Gakusei tachi wa kyōshitsu ni imasu.
  2. 学生たちは教室にいます。
  3. Murid-murid ada di ruangan kelas.
  1. *Basurūmu ni shawā ga tsukete arimasu ka.
  2. バスルームにシャワーが付けてありますか。
  3. Apakah di kamar mandi ada dipasang shower?

  
  • Menunjukkan pada apa kita melakukan sesuatu 'di;pada'
  1. *Nōto ni kakimasu.
  2. ノートに書きます。
  3. Menulis di buku catatan.
  1. *Koko ni goshomei kudasai.
  2. ここにご署名ください。
  3. Silahkan tanda tangan di sini.


  • Untuk menyatakan waktu. 'pada'
  1. *Jippun hodo mae ni tōchaku shimashita.
  2. 十分ほど前に到着しました。
  3. Saya tiba pada kira-kira sepuluh menit lalu.
  1. *Ichiji ni kōen e ikimashita.
  2. 一時に公園へ行きました。
  3. Saya telah pergi ke taman pada jam 1.


  • Menunjukkan menghadap/menuju/memasukkan ke suatu arah/tempat. 'ke'
  1. *Watakushi no uchi wa kita ni muite imasu.
  2. 私の家は北に向いています。
  3. Rumah saya menghadap ke utara.
  1. *Baketsu ni mizu o iremasu.
  2. バケツに水を入れます。
  3. Memasukkan air ke ember.


  • Menunjukkan objek yang dituju/dipengaruhi. 'kepada'
  1. *Anata ni dake hanashimasu.
  2. あなたにだけ話します。
  3. Saya hanya berbicara kepada kamu saja.
  1. *Nihon no yōsu ni tsuite tomodachi ni kikimashita.
  2. 日本の様子について友達に聞きました。
  3. Saya telah bertanya kepada teman tentang keadaan Jepang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar