Selasa, 01 Oktober 2013

TATA BAHASA DASAR

Tata bahasa awal dari Bahasa Jepang. Belajar tentang partikel
  • WA,
  • DESU,
  • DEWA ARIMASEN
  • dll, dan cara menggunakannya.

.... WA ...... DESU.....  は  ...... です

Partikel WA (ditulis dengan ha は dalam hiragana),adalah kata bantu subjek.
DESU です adalah bentuk positif yang digunakan untuk membuat sebuah ucapan menjadi formal. (huruf u biasa tidak disuarakan)
Watashi wa gakusei desu.Saya (adalah) siswa.
Anata wa sensei desu.Kamu (adalah) guru.


.... WA .... DEWA/JA ARIMASEN.... は ..... では / じゃありません

DEWA ARIMASEN (bisa juga DE ARIMASEN atau JA ARIMASEN) adalah bentuk negatif (menyangkal) dari DESU, sama artinya dengan "bukan"
Yoshida-san wa shachō dewa/ja arimasen. Tuan Yoshida bukan direktur.
Watashi wa Yamada dewa/ja arimasen.Saya bukan Yamada.


.... WA .... DESHITA....  は  ....  で し た
.... WA .... DEWA ARIMASEN DESHITA..... は ..... で は あ り ま せ ん で し た

DESHITA adalah bentuk lampau dari DESU, berarti "dulunya adalah, mantan, bekas"
DEWA/JA ARIMASEN DESHITA adalah bentuk lampau dari DEWA/JA ARIMASEN, berarti "dulunya bukan, bukan mantan"
Anohito wa isha deshita.Dia mantan (dulunya) dokter.
Kore wa gakkō dewa arimasen deshita.Ini bukan bekas sekolah.

Rangkuman
Watashi wa ten-in desu.Saya adalah pegawai toko.
Watashi wa ten-in dewa/ja arimasen.Saya bukan pegawai toko.
Watashi wa ten-in deshita.Saya mantan (dulunya) pegawai toko.
Watashi wa ten-in dewa/ja arimasen deshita.Saya bukan mantan pegawai toko.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar